Press "Enter" to skip to content

4 Cara membedakan smartphone original dan palsu !

admin 0

Semakin majunya Teknologi Gadget Terbaru membuktikan bahwa tingkat intelegensia manusia semakin meningkat. Berbagai inovasi dan kecanggihan teknologi gadget dari tahun ketahun semakin meningkat. Wajar jika masyarakat ada yang menjadikan gadget terbaru sebagai salah satu gaya hidup yang harus dipenuhi. Setiap ada seri terbaru dengan teknologi gadget yang lebih canggih, maka tidak sedikit yang berusaha untuk memilikinya walau harus mengantri berhari-hari untuk menjadi pembeli gadget yang dimaksud. Hal ini menjadi fenomena tersendiri yang tidak bisa dihindari.

Biar gak Kena Kecoh Penjual, Nih Cara Membedakan Smartphone Asli dan Aspal

Dilihat dari sisi perkembangan industri telekomunikasi, hal ini tentunya berdampak baik. Namun ternyata dampak yang ditimbulkan dari berkembangnya gaya hidup untuk memiliki gadget terbaru tidak hanya sebatas itu saja. Hal ini juga sering dijadikan peluang bagi segelintir orang untuk mengeruk keuntungan dengan cara memalsukan produk-produk smartphone keluaran terbaru untuk mendapat keuntungan dengan cara tidak benar Tips dan Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu :

BACA DETAIL SPESIFIKASINYA
Pada umumnya, untuk perangkat mobile yang keluar sekarang ini mampu untuk berjalan di jaringan minimal GSM 850/900/1800/1900 dan 3G HSDPA 850/900/1900/2100, namun untuk perangkat palsu tidak dapat melakukannya. Selain jaringan, dari spesifikasi prosesornya juga dijadikan standar penilaian. Kemudian, dari kapasitas RAM dan ROM nya akan terlihat perbedaannya. Di perangkat asli, pada umumnya kapasitas RAM dan ROM akan lebih besar, sedangkan di produk palsu sangat terbatas bahkan ada yang hanya sebesar 512MB saja. Tidak hanya itu saja, kamera, layar, Wi-Fi, Bluetooth sampai dengan baterainya juga dapat dijadikan penilaian apakah barang tersebut palsu atau tidak.

CEK KODE IMEI
Memang tidak semua perangkat dapat menggunakan kode ini, namun mayoritas dapat melakukannya. Untuk memeriksa nomor IMEI, Anda dapat menekan tombol *#06# dan ketika nomor IMEI sudah muncul pada layar, coba cocokkan dengan IMEI di box nya. Setelah itu, Anda dapat mengetahui di mana tempat perakitan produk tersebut dengan melihat dari deret angka IMEI ke tujuh dan delapan. Ada kode-kode khusus yang dapat Anda jadikan rujukan dalam melihat tempat pembuatan perangkat itu di Google.

CEK MENGGUNAKAN DATA EXIF FOTO
Cara ini tergolong mudah, karena dengan menggunakan data exif foto yang diambil menggunakan kamera di perangkat, maka dapat diketahui secara jelas keaslian dari smartphone tersebut. Ketika Anda mengabadikan suatu obyek menggunakan kamera di perangkat mobile, ketika hasilnya di check di Galeri atau juga ketika dipindahkan ke PC, pada properties akan terlihat data exif lengkapnya.

CEK DENGAN APLIKASI BENCHMARK
Dengan cara ini, tentunya akan lebih dapat dipercaya informasi tentang perangkat mobile yang ingin diketahui statusnya tersebut. Menggunakan aplikasi uji coba Benchmark, maka dapat diketahui performa sampai dengan kecepatan dari perangkat.

BANDINGKAN KUALITAS DAN HARGANYA
Tentu saja, langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk mendeteksi barang palsu atau bukan adalah dengan melihat dari kualitas dan harganya. Perbandingan Spesifikasi dan Harga Gadget terbaru yang ingin Anda beli harusnya bisa sesuai. Apabila disandingkan dengan produk asli, maka spesifikasi dan kualitas dari barang palsu tidak dapat mengunggulinya. Dan lagi, barang mahal tentu saja memiliki kualitas sendiri. Begitu pula produk asli yang rata-rata dipasarkan dengan harga yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *