Press "Enter" to skip to content

Makanan ini mengenyangkan tapi gak membuat gemuk !

admin 0

Saat mulai berdiet kita cenderung merasa kurang kenyang karena menghindari berbagai macam makanan berat dan berkarbohidrat yang biasa jadi sumber utama energi kita.

Selain itu, mencari makanan berat yang tak juga menaikkan berat badan rasanya susah-susah gampang. Jangan khawatir dulu, ada banyak jenis makanan yang bisa bantu kamu merasa kenyang dan tanpa jadi gemuk, lho.

Lanjutan dari artikel sebelumnya, berikut ini detikHealth merangkum sederet makanan yang membuat perut kenyang lebih lama sehingga tidak gampang gemuk.

1. berondong jagung
Yap, berondong jagung atau popcorn, jenis makanan ringan yang biasa kita cemil saat menonton film di bioskop ini mengandung 90 kalori. Cukup mengejutkan ya?

Jagung juga merupakan salah satu sumber karbohidrat. Dibanding saat memakan jagung secara langsung, efek tepung dari berondong jagung mempercepat rasa kenyang dan memberi sedikit trik pada otak kita bahwa kita akan banyak makan kalori padahal tidak.

Buatlah berondong jagung versi sehatmu dengan minyak kelapa, dan tambahkan bubuk cabe untuk menambah rasa sekaligus memangkas rasa laparmu.

2. Buah ara
Buah ara atau buah tin merupakan penawar alami bagi kamu yang suka makan makanan manis. Itu karena buah ini berdaging tebal dan manis yang tinggi serat (sekitar 37 kalori per buah) yang bisa memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.

Meski manis, rasa kenyang yang ditimbulkan buah ara berbeda ketika kamu makan kukis atau kue. Kamu bisa temukan buah ara di swalayan, dan sedikit tips: tambahkan keju kambing dan kacang walnut untuk sedikit tekstur dan rasa unik.

3.oat meal
Beberapa dari kita sudah cukup sering memakan oatmeal saat kecil, namun seiring waktu malah menghindarinya karena tampak tidak enak. Padahal oatmeal bisa membantu kita lebih cepat kenyang dan justru tahan lama.

Saat oatmeal yang kaya serat dimasak dengan air atau susu, mereka jadi lebih kental karena mampu menyerap cairan secepat kilat seperti spons. Ketika dikonsumsi, oatmeal akan butuh waktu untuk melewati sistem pencernaanmu dan membuatmu tak lagi lapar.

Coba masak oatmeal pagi ini dengan memberi beberapa topping di atasnya seperti kacang almond yang kaya lemak lemak tak jenuh untuk menambah tekstur. Kombinasi oatmeal dan almond dapat membantumu mengurangi risiko sakit jantung dan diabetes.

4. biji gandum
Eits, bukan berarti gandum punya buah ya. Yang dimaksud adalah biji gandum utuh, yang kaya akan protein dan serat per sajiannya.

Protein akan memicu hormon ghrelin untuk memberitahu otak kita bahwa kita sudah kenyang dan serat mengaktivasi hormon penekan rasa kenyang dalam usus. Ellie Krieger, koki selebriti menyarankan mengonsumsi buah gandum dengan apel, kacang-kacangan dan sayuran untuk dijadikan salad.

5. Smoothies
Malas mengolah makanan ini-itu di dapur? Untuk membuat smoothies kamu hanya butuh beberapa buah, yogurt atau susu, dan es (jika ingin) dan tentu saja blender.

Smoothies yang kental dan bisa kamu utak-atik resepnya ini dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dan membuatmu tak terlalu banyak makan setelahnya, menurut sebuah studi dari Penn State University.

Tapi pastikan smoothiesmu tidak malah kebanyakan gula dan kalori, ganti gula dengan madu organik dan jangan gunakan sirup atau jus buah dalam kotak. Smoothies cocok buatmu yang tak punya banyak waktu untuk membuat sarapan di pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *